Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Senin, 24 November 2014

Manajemen Umum - Telur Puyuh Manggeda



BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang         

Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Maka kami tergerak membuat kuliner.

Secara pribadi kami membangun usaha di karenakan kesukaan kami mengkonsumsi olahan telur puyuh manggeda, maka kami memutuskan untuk membuat olahan telur puyuh manggeda, maka kami membuat olahan telur puyuh yang lebih menyehatkan dan bisa untuk mengobati fisik dari tubuh, maka dari itu kami membuat olahan telur puyuh manggeda ini .

Banyak aktivitas yang di jalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin padat dan panasnya di Indonesia membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan sehari-hari . Makanan yang sudah di pasaran memang sudah beragam, tetapi umumnya tidak memiliki tingkat kesehatan dan nutrisi yang bagus bagi pencernaan tubuh.

Maka dari itu kami membuat “Telur Puyuh Manggeda” sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, gurih, asin, nikmat, sehat, dan lezat pastinya . serta di jual dengan harga yang cukup terjangkau dan higenis .


BAB II
ISI BUSINESS PLAN

2.         Visi & Misi

VISI
            Memberikan kualitas serta manfaat makanan dan macam dari produksi yang unggul, terjamin, berkhasiat dan bermutu sangat tinggi serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat .

MISI
         Menjamin kesterilan makanan dan Menjamin mengurangi darah tinggi dan kolestrol .
         Memproduksi makanan dengan harga yang terjangkau sesuai dengan rkondisi ekonomi dan terapan sosial di masyarakat setempat di indonesia ini .
         Menjadikan salah satu produk dalam negeri bisa digemari oleh masyarakat luas dan setempat .
         Menjadikan bahan makanan yang lebih beguna dan Menumbuhkan Pola Pikir Kecerdasan .

2.1       IDENTIFIKASI USAHA
         Nama Usaha                         :           Warung Puyuh Manggeda
         Pemilik Usaha                      :           Fahmi Diaz
         Alamat Usaha                      :           Jl. Mawar 4 Perum BTN Kopassus Sukatani
         Contac Person                      :           089694678818



2.2         RUANG LINGKUP USAHA

Usaha yang kami dirikan adalah sebagai usaha yang ingin memenuhi dari arahan dan pelanggan seta pemenuh kebutuhan sandang dan hasil pangan .

                        Tujuan Usaha :            - Pendapatkan dari hasil penghasilan
  - Memenuhi kebutuhan para konsumen
  - Menggali dan Meningkatkan bakat dalam suatu hal berbisnis .

2.3       RENCANA ORGANISASI
Manajemen      :           1 Orang
Produksi          :           3 Orang
Pemasaran       :           2 Orang
Keuangan        :           1 Orang
Dan tingkat pendidikan MINIMAL (SMA, SMU & SMK)
Kompetensi Sumber Daya Manusia    :

         CEO
Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil hak asuh keputusan .

         General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan tahap dalam strategi perusahaan tersebut .

         Financial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi masalah berbagai kardidat keuangan .

         Productin Manajer
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual-belikan .

         Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media atau iklan .

BAB III
ANALISIS MENGENAI SUATU USAHA

3.         ANALISIS USAHA

Usaha kami bergerak dalam bidang kuliner restaurant karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner restaurant apalagi yang bernutrisi, berkhasiat yang tinggi, karena di Indonesia ini "Telur Puyuh" bisa kita jumpai dengan mudah dan banyak orang yang menyukai Telur karena vitamin yang tinggi dan nilai gizi yang sangat cukup.  Jadi kami sepakat untuk mengolah Telur Puyuh ini sebagai  bahan baku dan padat bisa di rasakan .
Awal di bentuknya Kuliner Restaurant kami karena kami dapat melihat minat masyarakat akan makan yang menyehatkan dan dengan harga terjangkau dan higenis .
 
3.1       MODAL USAHA 

            Modal Usaha kami berjumlah Rp.5.000.000,00 yang berasal dari modal sendiri .

3.2       KEISTIMEWAAN PRODUK 

         Kemasan makanan praktis dan hemat
         Bergizi tinggi dan halal
         Hidangan cepat saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang dewasa
         Jajanan "Telur Puyuh Manggeda" adalah makanan yang murah meriah selain enak di konsumsi sebagai pengganti rasa cemilan
         Tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh
         kandungan "Telur Puyuh Manggeda" yang sangat kaya protein,  telah terbukti secara khusus memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol sebanyak 40-45 persen (Darah tinggi) dapat berkurang sebanyak 35-40 persen
          mengurangi terjadinya pembekuan darah, bahkan meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik) .
 


BAB IV
DESKRIPSI TENTANG JENIS USAHA

4.         JENIS USAHA

            Kami menjual sebuah Telur yang telah diolah demikian sehingga menghasilkan cita rasa yang berbea dari makanan telur yang kebanyakan dijual di pasaran. mulai usaha ini dari sebuah ide & gagasan yang sesuai dengan kebutuhan & keinginan masyarakat. Makanan yang kami produksi terbuat dari bahan yang berkualitas tidak menggunakan bahan pengawet dalam setiap produksi makanan kami. menjamin kesterilan makanan dan asupan gizi yang terkandung dalam makanan.



4.1       OSPEK USAHA

            Prospek usaha kami kedepannya adalah untuk membuka cabang di seluruh wilayah Depok, Jakarta dan sekitarnya untuk perkenalan produk kami kepada seluruh masyarakat diindonesia khususnya ibu kota jakarta serrta untuk memperluas usaha kami, kami juga mempromosikan produk “Telur Puyuh Manggeda" melewati infomasi melalui media sosial untuk memperluaskan Produk kami .  



BAB V
RENCANA DALAM PRODUKSI

5.         RANCANGAN DALAM MELALUI PERUMUSAN PENJUALAN

Target dalam Tahap produksi pembuatan "Telur Puyuh Manggeda" isi Perlusin 12 Sebanyak 300/Lusin x 12 isi = 3600/Jumlah isi satu telur .

Harga Perlusin 1 Lusin = Rp.25.000,00 x 10/Lusin = Rp.250.000/Hari
Harga 300 Lusin = Rp.25.000,00/Lusin x 300 = Rp.7500.000,00/Bulan



5.1       BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

Bahan-bahan untuk membuat "Telur Puyuh Manggeda" :
         Telur Puyuh
         Air & 1/4 Garam
         Pecahan Batu Bata dan Abu untuk diolah dengan cara Penguburan Telur, setelah diberikan Air dan Garam

Alat Untuk Membuat  :
         Pacul/Canggulan
         Amplas Telur
         Alat pengaduk Codet sebutan SEPATULA



Alat Tambahan           :
         Ember/Baskom
         Kompor Gas
         Panci
         Bungkusan Makanan
         Piring 50 Biji dan Kupasan Alat telur
         Codet/Sepatula
         Tatakan/Alas
         Gelas


5.2       Cara Pembuatan "Telur Puyuh Manggeda" :
         Telur Puyuh asli
         kemudian di cuci serta direndam dalam air
         Setelah di rendam kemudian diangkat dan di masukan kedalam Panci, disertakan Panci itu sudah terisi Air 1/2 dan 1/4 Garam
         Nyalakan kompor, Naikkan panci dan Taro ke atas Kompor
         Sambil menunggu 5-10 menit agar rasa asin manggeda tersebut menyerap kedalam telur, kemudian sambil di aduk secara perlahan-lahan agar tidak pecah atau berantakan terhadap telurnya
         Sesudah di aduk, diamkan dan ditunggu sekitar kurang lebih 30-45 menit
         Setelah itu angkat pancinya dan Ambil telur puyuhnya, dan ademkan selama 5-10 menit
         Siapkan alat menyaji dan Bungkusan agar telur tersebut bisa dijual-belikan dan di konsumsi terhadap masyarakat
         Endapkan telur dan masukan kedalam bungkusan agar tersusun rapih
         Siap sajikan dan bisa dijual ke masyarakat

BAB VI
RENCANA PERMODALAN


BAB VII
REFISI PEMASARAN

7.         ANALISIS PERSAINGAN USAHA
         STRENGTH
         Bahan bakunya mudah di temukan
         Cita rasa yang mudah di terima
         Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas
         Harga sangat terjangkau dan Terjamin enak
         WEAKNESS
         Tidak tahan lama dan mudah basi
         Bisa disimpan :
1.      Di Panaskan kembali
2.      Di Dinginkan melalu Prizer (Kulkas)
         OPPORTUNITIES
         Banyak di sukai dan banyak kalangan
         Menarik perhatian pelanggan
         Mudah, Hemat & Terjangkau
         THREATS
         Selera Konsumen Variatif
         Munculnya Pesaing Konsumen baru
         Jenis makanannya tidak memakai bahan Pengawet atau Formalin 
 
7.1       ANALISIS 4’P
         PRODUCT
         Type                      :  Makanan
         Brand                    :  Telur Puyuh Manggeda
         Quality                  :  90%
         Packing                 :  Mini Large / Mini Small

         PRICE
         Price List               :  Rp.25.000,-/Lusin Bungkusan Kemasan

         PROMOTION
         Advertising           :           - Menggunakan Brosur
- Daftar Harga
         Sales Promotion    :           - Mempromosikan kepada Konsumen
- Menawarkan kepada Konsumen
- Mencuri dan Mencari Perhatian Konsumen
         Personal Selling     :           - Menjual produk kepada Konsumen

         PLACE
         Berlokasi di wilayah sekolah, kampus, kompleks perumahan serta dipinggir jalan


BAB VIII
RESIKO

8.         RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM SUATU USAHA
                                    1.         Modal dalam perencaan
                                    2.         Persaingan
                                    3.         Revolusi kemampuan Produsen terhadap Konsumen

8.1       ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.         Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2.         Selalu memberi Citarasa terbaik
3.         Memeriksa sebelum membeli
4.         Setiap hari di lakukannya  penulisan data
5.         Menerima dan Mencari konsumen terbaik

BAB IX
PENUTUP

9.         KESIMPULAN

Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis, bukan hanya pada intuisi 8 dugaan.

Dalam perencanaan terdiri dari macam-macam perencanaan, yaitu perencanaan organisasi dan perencanaan kontijensi. Perencanaan organisasi terbagi menjadi 3 yaitu perencanaan strategis, taktis dan operasional. Adapun kerangka waktu dala perencanaan organisasi yaitu sebagai berikut : rencana jangka panjang, jangkah menengah, dan jangka pendek.

Suatu perencanaan juga terdapat berbagai hambatan dalam penetapan tujuan. Hambatan tersebut antara lain tujuan yang tidak tepat, sistem penghargaan yang tidak tepat, penolakan terhadap perubahan dan keterbatasan.

9.1       SARAN

Sebaiknya dalam mengambil keputusan dan tindakan dalam berbagai bentuk organisasi menggunakan proses dasar manajemen berupa perencanaan.

Dalam sebuah prencanaan perlu memperhatikan sifat rencana yang baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar